Trik MEMENANGKAN PERTARUNGAN CINTA

(How to win an everyday battle of love?)

Setiap hari dalam sebuah ikatan pernikahan ibarat pertarungan cinta yang harus dimenangkan. Setiap hari, selalu saja ada peristiwa baru yang terjadi. Atau, ada fakta baru tentang pasangan yang bisa membuat Anda tersengang, seakan-akan Anda baru mengenalnya.

Lalu bagaimana menjadi pemenang dalam pertarungan ini? Anda dapat mempraktikkan delapan trik berikut untuk menghadirkan keharmonisan pernikahan di rumah Anda.

1. MENUMBUHKAN PONDASI EMOSIONAL

Pasangan yang mampu membangun ikatan emosional erat pada tahun-tahun pertama pernikahan, bisa dikatakan telah berinvestasi untuk kepentingan masa depan. Proses adaptasi dan penyesuaian, yang sering kali diwarnai bumbu perbedaan pendapat, kecemburuan, hingga kesalah pahaman, merupakan ‘tabungan’ demi mewujudkan sakinah, mawaddah, warahmah dikemudian hari.

2. BERIKAN APA YANG DIBUTUHKAN PASANGAN

Pernikahan melibatkan dua orang di dalamnya. Anda dan pasangan tentu memiliki kebutuhan yang berbeda. Karena itu, agar bisa saling melengkapi, berikanlah apa yang menjadi kebutuhan pasangan. Jangan selalu berpikir untuk memberikan apa yang ingin Anda berikan. Jika dia melakukan suatu kekeliruan, lupakan untuk mengkritiknya lebih dulu. Cobalah memandang dari sudut pandangnya, yang tentu sedang membutuhkan dukungan Anda. Selanjutnya, kritik bisa Anda berikan dalam bentuk solusi pemecah kebuntuan.

3. MENGHARGAI PASANGAN SEBAGAI INDIVIDU

Jangan pernah menganggap pasangan adalah milik Anda seorang. Jangan pernah juga menganggap bahwa Anda dan dia harus memiliki persamaan pemikiran tentang semua hal. Bukalah wawasan Anda bahwa berbeda bisa menjelma menjadi pelangi yang indah. Dia dan Anda harus menyatukan tekad dan sikap untuk membina rumah tangga bahagia, tetapi bukan berarti selalu sama dalam berpikir dan bertindak.

Berbeda, akan melahirkan banyak kemungkinan pemecahan masalah. Tak perlu memaksakan kehendak untuk selalu sama. Artinya, Anda harus menghargai pasangan sebagai seorang individu yang unik, dari sikap dan pemikirannya. Bukankah karena keunikan itu Anda menikahinya?

4. JANGAN SEGAN MENGKRITIK DIRI SENDIRI

Untuk bisa berhasil mengarungi kehidupan rumah tangga yang sarat benturan, Anda tak bisa manganggap diri Anda selalu benar. Bisa saja Anda memilih jalan yang tidak sesuai dengan suatu kondisi. Dan ketika Anda melakukan kekeliruan, jangan pernah ragu untuk berintropeksi. Kritik diri ini akan memacu Anda melakukan lebih baik dari sebelumnya. Introspeksi yang dilakukan dengan baik juga mengandung semangat menjalin hubungan yang lebih harmonis dengan pasangan. Ketika Anda menyadari bahwa Anda kurang perhatian karena pekerjaan kantor yang menumpuk Anda akan berusaha memberi kejutan indah untuknya dengan memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin.

5. MAU MENDENGARKAN

Pernikahan adalah masalah take and give. Jika Anda ingin dia tampil sebagai hero dalam hidup Anda, maka Anda pun harus mampu menjadi seseorang yang dapat dia andalkan. Mulailah dari hal kecil yaitu menjadi pendengar yang baik dari segala keluhan dan ceritanya sehari – hari. Buatlah pasangan merasa dihargai.

6. KOMUNIKASIKAN SEGALANYA

No secrets to keep. Ya, rasanya tentu amat menyenangkan apabila Anda mampu berbicara tentang hal apa pun dengan pasangan. Segalanya. Semua hal yang terjadi dalam hidup Anda berdua. Masing – masing merasakan ketertarikan terhadap kehidupan pasangannya. Ceritakan padanya tentang mimpi Anda tadi malam, sifat khas teman – teman Anda, kecerobohan Anda, kekaguman Anda terhadap berbagai hal, kekhawatiran Anda tentangnya, hingga keinginan Anda untuk masa depan.

7. BERIMAJINASI DAN BERINOVASI

Tak sedikit dari kita bertanya, bagaimana mengatasi kebosanan saat menjalani kehidupan rumah tangga. Berinteraksi dengan orang yang sama untuk jangka waktu yang sangat lama, tentu tak luput dari rasa jenuh. Kejenuhan itu, jika tidak bisa dimenej dengan baik, tentu akan membuat anda ‘kalah’ dalam pertarungan cinta. Karena itulah, janganlah menjadi insan yang larut dalam keadaan. Jangan terlena dengan kondisi yang itu – itu saja hingga akhirnya pernikahan berubah menjadi sebuah rutinitas membosankan.

Bakar selalu gairah asmara dan rasa cinta Anda berdua dengan bersikap spontan dan berinovasi. Kembangkan imajinasi Anda untuk melakukan hal – hal yang tidak terpikir sebelumnya di sela – sela kehidupan rumah tangga dan pekerjaan. Terlebih ketika buah hati telah hadir di antara Anda berdua. Si kecil adalah pengikat hati, namun jangan sampai memadamkan chemistry antara Anda dan pasangan. Jangan ragu menggetarkan hati pasangan dengan rayuan atau tindakan tanda cinta.

8. LAKUKAN BERDUA

Karena cinta adalah penyatuan dua insan, maka pernikahan hanya akan berjalan harmonis jika Anda dan pasangan sama – sama berkorban.

Jika hanya satu pihak yang melakukan, sama artinya dengan bertepuk sebelah tangan. Pengorbanan yang dilakukan akan sia – sia. Sebaliknya, bila Anda berdua mengembangkan perilaku saling mencintai, saling memahami, saling merindukan, dan saling menyenangkan pasangan, maka rumah tangga bahagia akan menjadi milik Anda berdua.

Jika Anda tak ragu menjalankan delapan trik di atas, Anda akan berhasil menjadi pemenang dalam pertarungan cinta yang maha dasyat. Insya Allah.

sumber : Anggun Majalah Pengantin Muslim Edisi 04 / II / April 2009

~ by glesyer on July 16, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: