TAMPIL DENGAN KUKU INDAH

Banyak kaum wanita lupa pada bagian kecil dalam tubuh mereka yang satu ini. Padahal, bagian ini juga tak kalah pentingnya dibandingkan yang lain. Menjelang pesta pernikahan, Anda harus melakukan perawatan yang serius untuk yang satu ini.

Seorang wanita bertanya pada temannya yang baru saja menghadiri pesta pernikahan, “Bagian mana yang kamu perhatikan pada pengantin wanita di pernikahan itu?”

Ia menjawab, “Muka”.

“Lalu?” Tanya dia lagi.

“Bagian busana kedua pengantin,”jawabnya singkat.

Ya, dua jawaban ini lumrah diucapkan oleh siapa saja yang kebetulan hadir di pesta pernikahan. Hamper semua orang akan terfokus pada dua bagian itu, yaitu muka dan busana. Perhatian mereka pada muka terkait dengan tata rias, sementara busana terkait soal design dan motif busana yang dikenakan. Orang pun tak segan mengomentari kedua bagian tersebut, manakala mereka hadir di sebuah pesta pernikahan. Artinya, kedua bagian itu menjadi pusat perhatian.

Sementara itu, bagian yang lain seolah tertutup dari perhatian, baik oleh pengantin maupun para tamu undangan. Padahal, tahukah Anda, bahwa ada satu bagian lagi yang tak kalah pentingnya dengan dua bagian yang disebutkan tadi. Apa itu? Kuku tangan. Kok bisa?

Ya, bagian kecil dalam tubuh manusia itu punya perhatian  khusus. Untuk membuktikan betapa penting bagian ini, mari kita perhatikan kelanjutan dialog dua wanita di atas.

Wanita itu kemudian bertanya lagi pada temannya, “Lalu, bagian apa yang kamu sentuh dari sosok pengantin itu?”

Ia menjawab dengan tanpa ragu,”Jari tangan”.

“Terus, bagian apa yang kamu sentuh di jari tangan?” Tanya dia lagi.

“Kuku tangan.”

“Untuk apa?”

“Saya berjabatan tangan dengan pengantin itu untuk mengucapkan selamat”,jawabnya.

Nah, jawaban seperti ini sebenarnya umum kita jumpai. Bagian paling jelas dan terasa disentuh para tamu undangan adalah kuku tangan. Lantas, tahukah Anda, apa maksud dari dialog yang saya paparkan ini. Saya ingin menyebutkan bahwa, tanpa kita sadari, kuku tangan merupakan bagian penting yang juga diperhatikan tamu undangan.

Karena itu, seorang wanita yang hendak melangsungkan pernikahan harus memperhatikan bagian yang satu ini. Setidaknya, mereka harus melakukan perawatan yang intensif. Tapi sayangnya, secara umum kaum wanita kurang memperdulikan bagian kuku tangan. Mereka umumnya sibuk merawat wajah dan busana saja.

Bagian penting

Semua wanita pasti ingin tampil cantik. Terlebih di saat mereka melangsungkan pesta pernikahan. Momen itu merupakan saat terpenting dalam perjalanan hidup. Disamping itu, saat mereka tampil di pelaminan, mereka menjadi pusat perhatian banyak orang. Karenanya, mereka ingin tampil cantik dan tampil beda, mulai dari ujung rambut hingga ujung kuku.

Kuku, meskipun bentuknya kecil, ternyata memiliki daya pikat sendiri. Terlebih bagian kuku di tangan. Disamping untuk kecantikan, kuku memiliki peran penting dalam hidup. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Secara kimia, kuku sama dengan rambut yang antara lain terbentuk dari keratin protein yang kaya sulfur. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh keluar dari ujung jari.

Dr. Markus Sitonga, dokter ahli kulit, dalam sebuah seminar di Jakarta menjelaskan bahwa kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi kita dari kotoran. Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah – merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit.

Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata – rata 0,5 – 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. “Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh. Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh,” demikian tulisnya dalam sebuah makalah.

Dulu, kata dia, orang Yunani mendiaknosis suatu penyakit dari gejala kuku. Penafisan sebuah penyakit seperti ini dilakukan orang – orang di zaman Hippoerates. Misalnya, bila ada warna kebiruan pada pangkal kuku, maka itu menandakan kurang beresnya sirkulasi darah. Bila separuh bagian dekat ujung kuku berwarna merah muda atau coklat sementara kulit ari berwarna putih, maka itu merupakan gejala penyakit gagal ginjal kronis.

Penafsiran seperti ini mungkin akan direspon secara kontra-produktif oleh banyak orang. Pasalnya, banyak metode dan perangkat lain yang lebih akurat dari kuku, semisal lewat pemeriksaan darah, faeses, air seni, mata, maupun lidah. Namun, terlepas dari itu, kita memang harus rajin memperhatikan perubahan apapun pada pertumbuhan kuku agar penyakit lebih cepat terdeteksi.

Menjelang Pesta

Melakukan perawatan kuku pada tangan menjelang pernikahan bukanlah problem besar. Saat ini banyak salon kecantikan. Bila kesana, Anda akan memperoleh perawatan kuku secara maksimal. Untuk perawatannya, di salon kecantikan melayani jasa manicure yaitu salah satu cara untuk merawat kuku agar senantiasa lebih bersih dan cantik.

Ratna Sunggalih, Public Relation di Beauty on Wedding, salon kecantikan di Jakarta Kota, menyebutkan bahwa jasa manicure merupakan cara instan mengatasi masalah kuku.

Perawatannya tidak hanya bertujuan merawat keindahan, tapi juga menjaga kesehatan pada tangan. “Perawatan ini dimulai dengan pembentukan dan pembersihan kuku dan kutikula, kemudian dilanjutkan dengan pengangkatan sel – sel kulit mati dengan scrub. Salah satu manicure yang disukai kaum wanita adalah jenis French Manicure,”kata dia, menjelaskan.

Jika Anda tak sempat ke salon, Anda sebenarnya bisa mempraktekkan perawatan jenis ini di rumah. Ini tidak terlalu sulit. Yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan kuku secara baik hingga benar – benar bersih. Pada tahap ini Anda bisa menggunakan exfoliate scrub. Jika Anda tak punya, Anda tak perlu khawatir jika tak punya. Anda bisa menggantinya dengan garam yang dicampur lotion favorit anda. Setelah itu, bersihkan dan keringkan tangan dan kuku.

Langkah selanjutnya adalah filing. Poles bagian kuku dengan arah dari sudut ke tengah kuku. Tapi, jangan lupa, Anda tidak boleh melakukan gerakan menyamping. Pasalnya, hal ini bisa membuat kuku jadi lemah. Setelah itu, oleskan lotion atau cuticle remover. Dorong kutikula dengan stik kutikula. Tapi ingat, Anda jangan memotongnya.

Bila itu sudah selesai, cuci tangan Anda dengan air hangat, dan keringkan. Bila sudah kering, oleskan cat kuku transparan atau clear base coat pada kuku. Biarkan mongering. Ini berfungsi untuk memperkuat dan melindungi kuku. Kini, giliran Anda mewarnai kuku putih dan kotak ala French Manicure. Gambar garis di ujung kuku. Lalu oleskan pewarna kuku perlahan di atas batas garis. Terakhir, oleskan pewarna kuku transparan bernuansa pink. Tunggu hingga kering.

Lalu, bagaimana jika Anda sibuk dan tak punya waktu untuk merawat kuku tangan, sementara beberapa pekan lagi Anda mengadakan pesta pernikahan? Anda tak perlu khawatir. Ratna Sunggalih menjelaskan bahwa ada satu tips untuk menyelesaikan masalah ini. Caranya, pertama, setiap pergi ke luar rumah, Anda jangan lupa membawa hand cream. Ini penting. Pasalnya, hand cream dapat membantu perawatan kuku. Jangan sampai, karena kesibukan, Anda lupa sama sekali merawat kuku tangan.

Sejumlah ahli kecantikan di Barat pun menyarankan untuk membawa hand cream yang mengandung garam laut, yang berfungsi ganda, yaitu sebagai pelembab tangan sekaligus juga kuku.

Anda bisa meletakkan hand cream di rumah, mobil, tas atau di laci meja kerja Anda. Sehingga, jika suatu waktu Anda menggunakannya, Anda tak merasa kesulitan. Di mana Anda berada, di situ ada hand cream. Pakailah hand cream beberapa kali dalam sehari di saat senggang.

Untuk hasil maksimal, kenakan sarung tangan dari katun setiap kali Anda selesai menggunakan hand cream sebelum tidur di malam hari. Cara ini akan membuat cairan krim meresap baik ke dalam kulit dan kuku.

Kedua, jangan memotong kutikula seenaknya. Meskipun sangat mengganggu, jangan pernah memotong kutikula sendiri. Ini tentu sangat berbahaya. Pemotongan kutikula yang tidak tepat akan membuat kutikula tumbuh tidak menentu, menghambat pertumbuhan kuku dan bahkan memicu infeksi. Saat Anda memotong kutikula, sebenarnya jaringan urat halus di sekitar kuku terluka. Untuk itu, Anda harus rajin menggunakan hand cream.

Perawatan mudah

Lalu, adakah tips lain? Anda tak perlu risau. Pasalnya, ada alternative lain untuk melakukan perawatan yang lebih ‘ramah’ dengan saku Anda. Yang terpenting, Anda punya keinginan untuk melakukan perawatan kuku agar lebih indah dan menarik di hari special Anda dengan pasangan di kursi pelaminan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan. Hapus cat kuku (nail polish) yang lama jika Anda hendak memakai cat kuku atau kuteks yang baru. Untuk menghilangkan kuteks lama, ambil kapas dan beri aceton hingga basah dan didiamkan selama sedetik di atas kuku. Jangan digosok – gosok. Cukup diusapkan saja untuk menghindari kutikula.

Rapikan dan potong kuku  jika sudah panjang dan tidak teratur. Rendam jari tangan Anda, gunakan air hangat dengan sabun, lemon juice atau minyak saitun. Ini akan menghilangkan kotoran dan melembutkan kutikula. Keringkan. Kemudian bersihkan dengan sikat khusus.

Dorong kutikula Anda. Tapi, jangan pernah Anda memotong kutikula karena ini akan menimbulkan infeksi. Aplikasikan krim tangan, kemudian gosokkan selama 5 menit. Keringkan dengan cara menepuk – nepuk dengan handuk hangat. Ulangi langkah pertama untuk menghilangkan minyak.

Untuk pemakaian cat kuku, mulailah dari bagian tengah kuku, kemudian turun ke samping kanan atau kiri. Cat kuku biasanya akan kering dalam 90 detik. Tapi, agar benar – benar kering dan tanpa bekas, biarkan kering selama 15 menit.

Pemeliharaan kuku tentu tidak berhenti sekedar membersihkan dan menggunakan krim pelembab. Kondisi stress kadang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kuku. Karena itu, gunakan serum yang berfungsi untuk menguatkan kuku yang biasa di sebut dengan istilah nail strengthener. Sebisa mungkin, hindari dulu penggunaan pewarna kuku. Hindari menggunakan kuku untuk membuka tutup kaleng atau mencungkil agar kuku tidak patah.

Lindungi kuku Anda ketika melakukan pekerjaan rumah tangga sehari – hari, seperti mencuci baju atau piring. Deterjen dapat mengeringkan serta membuat rapuh kuku. Lalu, hentikan kebiasaan menggigit kuku. Selain tidak sedap dilihat, kebiasaan ini menyebabkan kuku jadi bergerigi, mudah terkelupas dan patah.

Jangan biarkan kuku tumbuh terlalu panjang. Kuku yang terlalu panjang akan menyulitkan Anda untuk melakukan aktivitas harian. Selain itu juga kuku yang terlalu panjang juga rawan patah dan terkelupas.

sumber : Anggun Majalah Pengantin Muslim Edisi 04 / II / April 2009

~ by glesyer on July 16, 2010.

2 Responses to “TAMPIL DENGAN KUKU INDAH”

  1. Mbak, menggunakan pewarna French Manicure apakah tidak bermasalah jika dibawa shalat? Maksud saya, menghalangi air wudhu kah? Trims

  2. segala merek cat kuku perlu memperhatikan cara yang baik dan benar🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: